oleh

Robot Biksu di Kuil China ini Bisa Menyebarkan Pengetahuan dan Ajaran Agama Buddha

Berita Internasional – Kuil Longquan di Beijing, China, memiliki cara unik untuk memberikan edukasi seputar kuilnya kepada para pengunjung. Kuil ini menggunakan sebuah robot berpakaian ala biksu berwarna kuning yang siap menyapa pengunjung kuil dan juga memberikan berbagai informasi seputar kuil.

Meninggalkan cara tradisional, pengurus Kuil Longquan berharap cara ini dapat menambah jumlah pengikut ajarannya. Robot bernama Xian’er itu dapat mengucapkan mantra-mantra dalam ajaran Buddha, bergerak lewat perintah suara, dan melakukan diskusi sederhana.

Xian’er memiliki tinggi 60 centimeter dan wujudnya terlihat seperti biksu dalam film kartun dengan kepala botak dan memegang layar sentuh di bagian dadanya.

Xian’er diciptakan oleh Master Xianfan, yang mengatakan robot biksu adalah wadah yang tepat untuk menyebarkan pengetahuan seputar ajaran agama Buddha di China. Upaya ini dilakukan dengan mengawinkan ilmu pengetahuan dan juga ajaran Buddha.

Xian'er Robot biksu di kuil Longquan, China
Xian’er Robot biksu di kuil Longquan, China

Menurut Xianfan, ajaran Buddha bisa mengisi keseharian orang-orang yang kini sangat cepat berubah dan didominasi oleh penggunaan perangkat smartphone.

“Ajaran Buddha adalah sesuatu yang terhubung dengan hati terdalam, dan sangat memperhatikan dunia spiritual seseorang,” ujar Xianfan, dilansir Reuters.

Robot ini pertama diperkenalkan ke publik pada Oktober 2016. Dan kini, menurut laporan TechCrunch hanya ada tiga versi robot ini di dunia. Xian’er sering berinteraksi dengan anak-anak yang datang ke Kuil Longquan dan bisa diajukan hingga lebih dari 100 pertanyaan.

Jawaban-jawaban yang diberikan oleh Xian’er ini disajikan oleh biksu di kuil tersebut.

Xian’er dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi besar China, termasuk Tencent dan iFlytek. Ia dirancang sebagai duta, membantu mengedukasi, terutama anak-anak tentang ajaran Longquan dan membantu kuilnya mengikuti perkembangan zaman.

agen poker terpercaya Indonesia

Sumber: kumparan.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed