oleh

Instagram Di Retas Hacker, Selena Gomez Jadi Korbannya

Wawasan Kita – Sekelompok hacker (peretas) menggunakan virus awal minggu ini untuk mendapatkan nomor telepon dan alamat email dari enam juta akun Instagram dan sekarang menjual informasi itu di web, sebagaimana dilaporkan Agen Domino hari ini.

Peretas terutama menargetkan selebriti dan pengguna terverifikasi, termasuk Selena Gomez, yang akunnya diretas dua hari yang lalu. Para peretas menggunakan kesalahan di sistem Instagram untuk mulai memajang gambar bugil dari penyanyi itu dan mantan pacarnya, aktor Justin Bieber, kepada 125 juta pengikutnya.

Dalam daftar yang dikirim ke Daily Beast, peretas memasukkan 1.000 nama tokoh terkenal, termasuk selebriti, bintang olah raga, dan tokoh media.

Para peretas juga mengambil informasi pengguna yang belum diverifikasi dan kini dilaporkan menjual data raksasa ini seharga US$ 10 per informasi melalui Bitcoin.

Instagram mengakui masalah keamanan itu dalam sebuah surat hari ini, meskipun membantah banyakanya pengguna yang terpengaruh. “Meskipun kami tidak dapat menentukan akun spesifik mana yang mungkin terkena dampaknya, kami yakin ini adalah persentase kecil dari akun Instagram,” tulis CTO Instagram Mike Krieger.

Instagram melayani lebih dari 700 juta akun, dan enam juta akun bukan jumlah yang kecil, terutama jika berisi nomor telepon dan email dari Instagrammers yang paling populer.

Baca juga:5 Pemilik Akun Instagram Dengan Followers Tertinggi Di Dunia!

Instagram mengatakan telah mengatasi masalah itu dan bekerja sama dengan penegak hukum. Namun, masalah tersebut memperlihatkan kerentanan tertentu di dalam sistem Instagram dan platform populer itu kemungkinan akan perlu melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengaktifkan keamanan bagi selebriti dan orang lain yang memiliki akun.

“Melindungi masyarakat sangat penting di Instagram sejak hari pertama, dan kami terus berupaya menjadikan Instagram tempat yang lebih aman. Kami sangat menyesal ini terjadi,” tulis Krieger terkait serangan hacker ini.

Sumber: tempo.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed