Saat Haid Tidak Boleh Berenang? Ternyata Hanya Mitos

Wawasan Kita – Anda pasti sering atau pernah mendengar kalau saat wanita sedang menstruasi tidak boleh berenang, atau mungkin kamu sendiri juga mengatakan hal seperti itu?

Anggapan tersebut dikarenakan kekhawatiran darah haid dapat menyebar di kolam renang dan mengganggu perenang lainnya. Selain itu bakteri dan virus di kolam renang umum dikhawatirkan dapat memicu infeksi pada saat haid.

Namun anggapan ini hanyalah mitos belaka. Anda tetap diperbolehkan untuk berenang saat menstruasi. Kolam renang umum mungkin mengandung keringat atau air kencing dari perenang lainnya. Namun penyebaran penyakit bisa dicegah dengan pemakaian klorin yang sudah diterapkan di berbagai kolam renang.

Sementara itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan darah haid yang akan menyebar di kolam renang. Tekanan air di kolam renang dapat menghentikan aliran darah haid sementara waktu. Namun jika Anda tertawa, batuk, bersin sejumlah kecil darah haid mungkin bisa keluar. Kabar baiknya hal ini tidak akan merubah warna air kolam menjadi merah.

Jika Anda masih tetap tidak yakin, maka gunakan tampon saat berenang.

Contoh Tampon Pengganti Pembalut
Contoh Tampon Pengganti Pembalut

Ingat jangan gunakan pembalut saat berenang, karena pembalut bukan pilihan yang tepat, pembalut dapat menyerap air dan membuat anda tidak nyaman.

Berenang justru dapat membantu meredakan nyeri selama menstruasi. Pasalnya salah satu bentuk olahraga ini memproduksi hormon endorfin yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit secara alami.

Kenakan pakaian renang berwarna gelap atau Anda bisa menambahkan lapisan ekstra dengan menggunakan celana pendek. Jadi, haid bukan halangan bagi Anda untuk berenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *