oleh

Mengenal Bathysaurus ferox, Super Predator Baru Dari Laut Terdalam Di Dunia

Wawasan Kita – Di kegelapan samudera, terdapat super-predator yang hidup di palung laut paling dalam di dunia.

Superpredator itu berwujud seekor ikan dengan tubuh panjang seperti belut; wajah menyerupai kadal; dan mulut penuh dengan gigi tajam.

Menurut sebuah posting blog di Australian Marine Biodiversity Hub, para ilmuwan yang berada di atas sebuah kapal penelitian secara tak terduga menemukan makhluk mengerikan. Yakni ikan kadal yang tersangkut jaring di lepas pantai timur Australia pada tanggal 4 Juni.

“Teror yang mengerikan dari dalam laut ini sebagian besar terdiri dari mulut dan gigi berengsel. Jadi, begitu Anda masuk ke rahangnya, tidak ada jalan keluarnya. Semakin Anda berjuang, semakin jauh Anda masuk ke dalam mulutnya,” tulis Asher Flatt, komunikator kapal di blog.

Nama ilmiah makhluk mengerikan ini adalah Bathysaurus ferox, yang berarti ‘kadal laut dalam yang sangat kejam’. Julukan itu diambil dari bentuk wajahnya yang mirip kadal.

Makhluk ini tinggal di kedalaman 1.000 sampai 2.500 meter di bawah permukaan air. Seperti ikan kadal lainnya, B. ferox bersifat bentik, artinya ia hidup di sepanjang dasar laut.

Ikan kadal adalah hermaprodit, sehingga memiliki ovarium dan testis dalam satu organ reproduksi.

Ini berarti bahwa setiap B. ferox bisa kawin dengan B. ferox lainnya sambil berenang, memberikannya keuntungan kawin di laut dalam yang jarang penduduknya.

Sumber :: Dream

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed