oleh

Jokowi Bangun ‘Markas Avengers’ di Papua, Ini Manfaatnya

Berita Nasional – Sebuah monumen kapsul waktu tengah dibangun di Kabupaten Merauke, Papua. Monumen tersebut menarik perhatian lantaran desainnya yang mirip dengan logo Avengers dalam film superhero besutan Marvel.

Monumen kapsul ini sendiri dibangun atas inisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia ke-70 pada tahun 2015 silam. Jokowi meminta dibangunkan monumen kapsul waktu yang berisikan impian anak-anak Indonesia dari sabang sampai Merauke, dan nantinya akan dibuka kembali 70 tahun berikutnya atau tahun 2085.

Monumen kapsul waktu ini memiliki total luas 2,5 ha, terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun. Lokasi monumen berada di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah sehingga akan menjadi landmark baru Kabupaten Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat.

Monumen Kapsul Waktu di kabupaten Merauke, Papua
Monumen Kapsul Waktu di kabupaten Merauke, Papua

Bupati Merauke Frederikus Gebze mengungkapkan, monumen ini bukanlah konstruksi biasa, tetapi merupakan karya seni sejarah yang diperuntukkan untuk generasi penerus bangsa. Nantinya akan diceritakan pula dalam bentuk relief perjalanan napak tilas Indonesia.

“Karena itu ini ditaruh di ujung timur yang tiap hari matahari memancar bagai mata yang menggambarkan pembangunan Indonesia,” katanya beberapa waktu lalu.

Monumen ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit di Merauke. Sehingga diharapkan juga dapat mendongkrak kunjungan wisata Indonesia di daerah-daerah perbatasan.

Adapun pembangunan monumen kapsul waktu mengadopsi unsur budaya Papua. Kapsul Waktu akan ditempatkan di atas bangunan yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

Pembangunannya dilakukan oleh PT Nindya Karya (Persero) dan menghabiskan anggaran sekitar Rp 89,9 miliar.

agen poker terpercaya Indonesia

Sumber: detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed