oleh

Alasan Mengejutkan Dari Jack Ma, Ogah Rekrut Orang Terbaik

Peronality – CEO Alibaba, Jack Ma, ogah merekrut kandidat terbaik untuk sebuah posisi di Alibaba. Mengapa?

Dilansir dari Next Shark, Minggu 29 Juli 2018, Ma tidak ingin mempekerjakan orang yang lulus dari sekolah bisnis. Dia berpendapat belajar bisnis di sekolah itu tidak penting dan lulusannya kebanyakan tidak bermanfaat.

“ Kecuali kalau mereka kembali dari sekolahnya dan melupakan apa saja yang dipelajari di sekolah,” kata dia dalam buku Alibaba: The House That Jack Ma Built.

Mantan guru bahasa Inggris ini mengatakan sekolah mengajarkan ilmu, sedangkan bisnis memerlukan kebijaksanaan.

“ Kebijaksanaan didapat dari pengalaman. Ilmu bisa didapat dari kerja keras,” kata dia.

Ma juga berpendapat, tim kerja yang bagus bukanlah tim yang anggotanya berasal dari universitas ternama, atau orang-orang yang dulu pernah bekerja di perusahaan yang tembus daftar 500 perusahaan kelas dunia Fortune.

Dia bercerita, pernah mempekerjakan seorang pakar pemasaran dari perusahaan besar untuk membuat rencana pemasaran. Ketika itu, Alibaba “ naik kelas” dari yang bermodal US$50 ribu (Rp721,36 juta) menjadi US$5 juta (Rp72,13 miliar). Tapi, sang pakar itu membuat rencana bisnis yang senilai US$12 juta (Rp17,31 miliar).

“ Dan saya berkata, ‘Hei, kita hanya punya uang US$5 juta. Bagaimana bisa kamu memberi rencana bisnis yang bujet pemasarannya US$12 juta?’. Dia (pakar) itu berkata, ‘Jack, saya tak pernah membuat rencana bisnis (yang bujetnya) di bawah US$20 juta (Rp28,85 miliar),” kenang Ma.

Dari sini, Ma tersadar bahwa yang terpenting adalah menjaring orang yang tepat. Orang yang terbaik justru didapat dari orang-orang yang dilatih.

“ Tak ada ‘orang terbaik’ di pasar. Orang terbaik adalah orang yang selalu kamu latih,” kata dia.

agen poker terpercaya Indonesia

Sumber: dream.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed