oleh

5 Hidangan Telur yang Praktis dan Cocok Buat Tanggal Tua

Food – Selain mi instan, telur jadi salah satu bahan makanan yang sering dijadikan stok. Telur juga sangat mudah diolah jadi beragam masakan.

Telur sangat mudah didapat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Mulai dari protein, omega 3 hingga kolin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak perlu repot meracik telur, jika di rumah ada stok Anda dapat membuat berbagai makanan enak yang cocok dipadu dengan nasi hangat.

Masih bingung bagaimana cara mudah meracik telur? 5 resep ini bisa Anda buat!

1. Telur orak-arik

Masakan telur orak-arik
Masakan telur orak-arik

Dikenal dengan nama ‘scrambled eggs’. Bahannya hanya mentega, telur, garam dan merica. Cukup panaskan sedikit mentega dalam wajan datar. Kocok telur lalu masukkan ke dalam wajan berisi mentega leleh, kecilkan api.

Masak dengan api kecil hingga pinggirannya membeku lalu aduk-aduk hingga telur bergumpal lembut. Segera angkat dan taburi garam dan merica. Jangan terlalu lama memasak dan membiarkan dalam wajan karena orak-arik akan mengeras dan kering. Bisa disajikan dengan keju cheddar parut, jika suka.

2. Telur dadar
Telur dadar bisa jadi penyelamat disaat lapar karena cara membuatnya sangat mudah. Kalau ingin agak berbeda, Anda bisa membuat telur dadar a ala Minang yang enak. Isiannya berupa irisan daun bawang, daun kunyit, bawang merah, cabai merah, kentang, kornet hingga merica dan garam.

Diaduk hingga rata, telur digoreng dalam minyak panas hingga matang. Rasanya gurih dan pedas, memang makin enak dinikmati bersama dengan taburan bawang merah goreng dan juga nasi hangat. Mau coba buat di rumah? Klik di sini untuk melihat resep lengkapnya.

3. Telur ceplok
Hanya perlu garam, minyak dan telur Anda sudah bisa membuat telur ceplok. Selain bisa digoreng begitu saja, Anda juga bisa menambahkannya dengan bumbu seperti telur ceplok dengan tambahan irisan bawang dan kecap atau telur ceplok balado.

Telur ceplok bisa dibuat setengah matang dengan kuning telut masih mengalir. Atau dibuat ceplok kering yang matang seluruhnya.

4. Omelet telur

Ilustrasi hidangan telur omelet
Ilustrasi hidangan telur omelet

Omelet telur juga enak nih jadi menu praktis enak. Dinamakan omelet Spanyol, sajian telur ini diisi dengan kentang kukus, paprika dan potongan kecil daging asap. Bumbunya cukup siapkan margarin, bawang bombay, merica, garam dan krim segar.

Bisa jadi camilan gurih ataupun sebagai teman makan nasi.

5. Telur balado

Hidangan telur balado pete
Hidangan telur balado pete

Telur ayam yang direbus bisa diolah jadi telur balado alias telur berbalut sambal. Makin enak ditambahkan dengan pete agar aromanya makin sedap. Untuk membuat sajian yang membuat nafsu makan tinggi ini tidaklah mudah. Bumbunya terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, daun jeruk, terasi, garam dan gula.

Kemudian dihaluskan dan ditumis dengan telur rebus dan petai.

agen poker terpercaya Indonesia

Sumber: detik.com

Leave a Reply

News Feed