oleh

Detik-detik Kim Jong-un dan Moon Jae-in Saling Melewati Garis Perbatasan Korut-Korsel

Wawasan Kita, Berita Nasional – Sejumlah momen bersejarah terjadi pada pertemuan awal KTT Korea Utara – Korea Selatan, pada Jumat, 27 April 2018, pukul 09.30 waktu setempat.

Tapi, ada salah satu momen simbolis yang cukup menarik dan mengejutkan.

Salah satu momen itu adalah ketika Kim Jong-un dan Moon Jae-in bergiliran melintasi garis demarkasi Korea Utara – Korea Selatan di Zona Demiliterisasi (DMZ).

Khusus giliran Kim Jong-un saat ia melintas ke Korea Selatan, hal itu memang sengaja direncanakan. Apalagi mengingat, Peace House yang merupakan lokasi pelaksanaan KTT berada di Zona Demiliterisasi di porsi area Korea Selatan.

Tapi, ketika giliran Moon Jae-in yang melintas ke Korea Utara, hal itu justru tak direncanakan. Demikian seperti dikutip dari CNN (27/4/2018).

Dalam sebuah video yang menangkap momen itu, pada awalnya terlihat Kim Jong-un berjalan mendekat ke garis demarkasi DMZ. Ia berjalan dari porsi area Korea Utara.

Tepat di garis demarkasi, terlihat Moon Jae-in menunggu sang pemimpin Korea Utara.

Ketika keduanya bertemu tepat di garis demarkasi, sinyum semringah terajut di wajah mereka, seraya menjabat tangan erat nan hangat.

Setelahnya, Kim melintasi garis demarkasi dan secara teknis telah berada di Korea Selatan menjadikannya pemimpin pertama Korea Utara yang melakukan hal tersebut.

Dalam video juga tampak bahwa Kim Jong-un mengajak Moon Jae-in untuk turut melakukan hal yang sama. Dan tak terencana, keduanya pun melintasi garis demarkasi dari Korea Selatan untuk masuk ke area Korea Utara.

Seperti dikutip dari CNN, juru bicara staf delegasi Korea Selatan mengatakan bahwa langkah Moon Jae-in itu tak direncanakan sama sekali sebelumnya.

Jubir itu juga mengatakan bahwa pada momen tersebut, Kim Jong-un berkata kepada Moon Jai-in; “Mungkin ini waktu yang tepat bagi Anda untuk masuk ke area Korea Utara.”

Dan Moon Jae-in melakukannya menjadikannya secara teknis presiden Korea Selatan pertama yang bertandang ke Korea Utara.

pohonpoker.net agen poker dan domino online terbaik di indonesia

Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

News Feed