oleh

Apple Rencana Gabungkan Siri Dengan Shazam?

Wawasan Kita, Teknologi – Bagi kamu yang suka mendengarkan musik atau mencari judul musik dengan aplikasi, pasti tahu betul dengan Shazam.

Ya, Shazam bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi pertama dengan teknologi pengenalan lagu yang digunakan banyak orang. Kini, Shazam dirumorkan tengah dibidik Apple untuk diakuisisi.

Informasi ini belum bisa dipastikan betul atau tidak, karena pihak Apple dan Shazam belum mengumumkan informasi resmi.

Namun sebetulnya, Apple sudah lebih dulu mengintegrasikan Shazam ke dalam Siri. Fitur ini memungkinkan pengguna iOS meminta Siri untuk mengenali lagu yang diputar dengan Shazam.

Sumber yang dilansir Ubergizmo pada Minggu (10/12/2017) mengungkap nilai akuisisi itu diperkirakan akan mencapai US$ 400 juta. Kabarnya, proses akuisisi akan berlangsung pada pekan depan.

Mungkin saja dengan diakuisisinya Shazam, Apple akan melakukan cara yang dilakukan Google pada Pixel 2, di mana smartphone terbarunya ini bisa mengenali lagu yang diputar saat menggunakan fitur ‘always-listening’.

Shazam sendiri pada masa awal peluncurannya merupakan salah satu aplikasi terpopuler. Bagaimana tidak, ia merupakan satu-satunya aplikasi yang bisa mengenali musik dan memberikan judulnya langsung pada saat itu juga. Dan kini, Shazam juga lebih pintar karena bisa mengenali serial televisi.

Integrasi Shazam pada Siri sebetulnya sudah hadir sejak 2014. Apple meluncurkan fitur ini bersamaan dengan digulirkannya iOS 8 pada saat itu.

Berikan perintah suara “what song is this?”, lalu Siri akan meminta waktu sebentar untuk mendengarkan lagu yang dimaksud. Tak lama kemudian, asisten virtual tersebut akan memberi tahu penyanyi dan judul lagunya.

Terbaru, asisten virtual tersebut dapat membuatkan playlist bagi penggunanya. Kemampuan Siri sebagai DJ ini hadir di iOS 11. Apple membekali Siri dengan kecerdasan buatan untuk dapat memutar musik yang diminta pengguna.

“Siri di iOS 11 akan dapat memutar musik favoritmu, dan bisa memutar playlist yang kamu inginkan. Menariknya, kamu bisa memintanya memutar musik sesuai mood, aktivitas, dan juga genre,” tulis Apple beberapa waktu lalu.

Sumber: Liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed