Mirip Ular Tapi Berkaki Empat, Hewan Apa Sebenarnya Ini?

Wawasan Kita – Media sosial kembali dihebohkan oleh video penemuan hewan berbentuk aneh. Lima jam lalu akun Instagram @wowfakta mengunggah video yang menampilkan seekor hewan yang memiliki tubuh seperti ular, tapi berkaki empat.

“Ada yang tahu ini hewan apa?” tanya pemilik akun Instagram tersebut, Jumat (8/4).

Hingga berita ini ditulis, postingan video tersebut telah dilihat oleh lebih dari 420 ribu orang dan dikomentari oleh lebih dari 5 ribu orang.

Beberapa orang menebak hewan tersebut adalah salamander. Beberapa orang lainnya yang turut berkomentar menyebut hewan itu bayi naga.

Agar tak simpang siur, wawasankita menghubungi ahli Kepala Laboratorium Herpetologi Bidang Zoologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy. “Lygosoma quadripes. Umum (ditemukan) itu,” jawab Amir kepada wawasankita, melalui pesan singkat, Jumat (8/4).

Lygosoma quadripes adalah nama ilmiah dari hewan biasa disebut sebagai kadal ular. Kadal ular ini adalah jenis kadal kecil bertubuh mirip ular yang habitatnya menyebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca juga: ”Mengenal Bathysaurus ferox, Super Predator Baru Dari Laut Terdalam Di Dunia

Hewan melata ini memiliki tubuh berukuran kecil dan hampir silindris. Panjang tubuhnya sekitar 19,2 sentimeter dengan panjang ekor yang kira-kira setengah dari total panjang tubuh tersebut.

Kadal ular biasa memakan rayap, semut, dan serangga kecil lainnya. Meksi namanya kadal ular, tetapi hewan ini tidak berbisa dan tidak berbahaya, biasanya dia hidup di bawah tanah dan daerah basah.

Sumber :: kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *